Bagaimana Berkata “Tidak”

Leave a comment

Banyak remaja yang khawatir bersikap asertif karena takut dianggap tidak sopan, arogan, atau melukai perasaan orang lain. Padahal, kalau kita ingat penjelasan minggu lalu, sikap asertif tidak sama dengan sikap agresif. Bersikap asertif adalah bersikap tegas yang dilakukan dengan sopan dengan maksud untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pendapat tanpa bersikap agresif atau defensif. Seseorang yang asertif tidak menyerang atau bersikap menghakimi orang lain atau pendapat orang lain itu.

Banyak aspek dari bersikap asertif, dan salah satunya adalah bagaimana mengatakan “tidak” dan tetap konsisten. Seringkali kita menjawab “tidak” dengan malu-malu untuk mengatakan “ya”, atau sebaliknya mengiyakan sesuatu yang sebetulnya berlawanan dengan keinginan kita. Semakin sering kita bersikap demikian, makin sering orang salah mengerti terhadap pesan kita. Akibatnya, pada saat kita berkata “tidak” dan memang yang kita maksudkan adalah “tidak”, lawan bicara kita akan tetap berpikir bahwa jawaban kita sebetulnya adalah “ya”…(Baca selanjutnya dengan mengklik thumbnail di bawah)…

atau download kliping ini (PDF)

Asertifkah Kita?

Leave a comment

Sikap asertif adalah sikap di mana seseorang mampu bertindak sesuai dengan keinginannya, membela haknya dan tidak dimanfaatkan oleh orang lain. Selain itu, bersikap asertif juga berarti mengomunikasikan apa yang kita inginkan secara jelas dengan menghormati hak pribadi kita sendiri dan hak orang lain. Sikap asertif merupakan ungkapan perasaan, pendapat, dan kebutuhan kita secara jujur dan wajar. Kemampuan untuk bersikap asertif ini sangat penting dimiliki sejak dini, karena hal ini akan membantu kitauntuk bersikap tepat menghadapi situasi di mana hak-hak kita dilanggar…(Baca selanjutnya dengan mengklik thumbnail di bawah)…

atau download kliping ini (PDF)

Kesehatan Seksual? Apa Tuh?

Leave a comment

Jangan heboh dulu deh! Mentang-mentang ada kata “seksual” jangan terus pada panik. Sekarang kan memang udah waktunya kita enggak terlalu alergi lagi dengan istilah “seksual”, karena sebenarnya semakin kita paham artinya, semakin kita akan merasa bahwa bicara mengenai seksualitas bagi kita, para remaja, adalah sangat penting. Kesehatan reproduksi dan seksual adalah bagian penting dari hidup kita, yang akan sangat mempengaruhi kualitas diri kita sebagai manusia seutuhnya…(Baca selanjutnya dengan mengklik thumbnail di bawah)…

atau download kliping ini (PDF)

Nge-Gang Cara Asyik

Leave a comment

Nge-gang ada banyak macam. Kelompok kita termasuk yang mana? Yang banyak senang sedikit kerja? Sedikit senang banyak kerja? Atau banyak senang banyak kerja?

Berkumpul, berkelompok, nge-gang, sudah jadi kebiasaan kita sehari-hari. Dalam satu gang, pasti ada kesamaan di antara kita, yang membuat kita betah berlama-lama bersama mereka. Dalam kenyataannya ternyata kelompok ini banyak macamnya…(Baca selanjutnya dengan mengklik thumbnail di bawah)…

atau download kliping ini (PDF)

Masih Ada Kereta yang Akan Lewat

Leave a comment

Belakangan ini Dodi selalu kelihatan murung. Pasalnya cowok yang mengambil jurusan IPA yang selama ini selalu menjadi juara kelas sejak kelas satu hingga kelas tiga di SMU itu ternyata tidak lolos UMPTN.

Hampir semua orang tidak percaya, apalagi Dodi sendiri. Padahal, Bia, cewek yang hanya memiliki prestasi biasa-biasa saja di sekolahnya dapat lolos di Fakultas Kedokteran Universitas Negeri. Kalau ternyata masuk perguruan tinggi negeri itu sifatnya hanya untung-untungan saja, buat apa ikut ujian lagi tahun depan? Kenapa bisa gagal sih..??? Bagaimana sih Dodi harus menyikapi ini???…(Baca selanjutnya dengan mengklik thumbnail di bawah)…

atau download kliping ini (PDF)

Lulus SMU Apa yang Dituju?

Leave a comment

Masih ingat enggak, sewaktu kita masih kecil, kita sering ditanya orangtua (ortu), guru, dan teman main kita, apa cita-cita kita? Mau jadi apa kalau kita sudah dewasa kelak? Dulu, mungkin kita bisa dengan mudah menjawabnya: mau jadi dokter, polisi, guru, bintang film, atau apa pun tergantung profesi apa yang kita anggap hebat atau siapa yang menjadi idola kita saat itu. Guru SD kita bahkan mengajari kita: “Gantungkan cita-citamu setinggi langit.”

Akan tetapi, semakin kita tumbuh dewasa dan seharusnya sudah menentukan pilihan, banyak dari kita yang malah enggak tau lagi mau jadi apa. Padahal, kalau kita enggak tau mau jadi apa, kita juga akan sulit menentukan mau sekolah di mana. Sementara itu, waktu semakin mendesak, sebentar lagi kita sudah menghadapi Ebtanas dan ujian masuk perguruan tinggi. Jadi, gimana dong?…(Baca selanjutnya dengan mengklik thumbnail di bawah)…

atau download kliping ini (PDF)

Masa Depan Sekarang

Leave a comment

Siapa bilang masa depan itu masih lama? Masih di depan sana? Masa depan itu ditentukan dari sekarang. Terlewat hari ini, bubar jalan esok hari.

Adel, cewek kelas dua SMU, akan menghadapi ujian kenaikan kelas. Hari-hari belakangan ini sepertinya ia uring-uringan. Masalahnya semua orang mulai mempertanyakan cita-citanya, mau kemana dia nanti setelah lulus SMU, apa yang akan dilakukannya kelak, dan lain sebagainya. Sebel banget deh. Padahal kan masih lama, masih kelas dua ini. Apalagi  ia kan masih asyik main, asyik gabung sama teman-teman se-gang, asyik gaul, dan asyik-asyik yang lain. Lagian kenapa juga harus musingin soal ini? Toh nanti juga ketemu.

Mungkin sebagian dari kita sering mengalami hal ini. Mulai muncul perasaan bingung, dan mungkin juga sedikit cemas ketika “tiba-tiba” diingatkan sama rencana masa depan yang sebelumnya bahkan belum pernah terpikirkan…(Baca selanjutnya dengan mengklik thumbnail di bawah)…

atau download kliping ini (PDF)

Older Entries

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.